Selasa, 13 Maret 2012

Bertanam Buah Nangka


Nanam Nangka Thok…!
Posting by : Mas Kus


TANAMAN yang menyandang nama Latin Artocarpus heterophyllus yang termasuk dalam Famili Moraceae, Divisi Magnoliophyta, Kelas Magnoliopsida, Ordo Rosales, sedangkan Genusnya Artocarpus .Tanaman yang konon diyakini berasal dari Negara India ini tergolong serba guna. Mulai dari Buahnya, yang masih muda bisa dibuat sayuran yang nikmat , namanya “gudeg”. Buahnya yang sudah matang enak dimakan segar, dibuat campuran aneka minuman, dibuat dodol dsb, sementara bijinya enak dimakan setelah direbus. Daun nangka bisa diberikan sebagai makanan ternak, sedang batangnya yang sudah cukup umur, dapat digunakan sebagai kayu bangunan yang cukup berkualitas.

Syarat Tumbuh

Tanaman ini pada umumnya dapat tumbuh di semua tempat, tetapi tempat yang ideal pada ketinggian hingga 700 m dpl. Tanah yang cocok adalah jenis tanah yang gembur agar berpasir, dan dapat tumbuh bagus dengan kondisi curah hujan yang cukup tinggi, 2500-3.000 mm/tahun.

Perbanyakan Tanaman
Perbanyakan tanaman bisa dilakukan dengan menanam dengan biji atau bibit Nangka sambungan atau okulasi yang bisa diperoleh di penjual bibit hortikultura.

Pemeliharaan
Seperti halnya tanaman buah-buahan yang lain, Nangka agar berbuah dengan baik perlu dilakukan pemupukan sekurang-kurangnya satu tahun dua kali dengan pupuk NPK 15-15-15. Untuk dosisnya disesuaikan dengan umurnya. Kemudian setelah berbuah dan buahnya telah terbentuk (baban) , sebaiknya dilakukan pembrongsongan dengan bekas karung beras, plastic hitam atau anyaman daun kelapa. Hal ini dilakukan untuk mencegah serangan lalat buah.

Penanggulangan Hama dan Penyakit
Penanggulangan hama dan penyakit dapat dilakukan bila dipandang perlu dengan melakukan penyemprotan Insektisida untuk mengendalikan kutu putih , Fungisida dan bakterisida : untuk mengendalikan cendawan dan bakteri .

Akhirnya selamat menanam buah Nangka dan mencicipi lezatnya buah Nangka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar