Senin, 19 Desember 2011

Menanam Pucuk Merah



Pesona Pucuk Merah
Posting by: Mas Kus

BELAKANGAN ini di jalan-jalan protokol sering kita jumpai tanaman penghijauan yang berdaun mirip tanaman Cengkeh. Daunnya warnanya hijau muda, bentuknya kecil agak memanjang, batangnya kecil, tapi bagian ujung daun berwarna merah dan oranye. Pucuk Merah (Syzygium oleina), begitu namanya yang sekarang nampaknya baru ngetrend, mewarnai pot-pot besar yang ditempatkan berderet sepanjang Kawasan jalan. Sebagai penghasil Oksigen atau anti polutan, sebagaimana tanaman penghijauan yang lain, Si Pucuk Merah yang masih dalam famili Myrtaceae ini, juga menawarkan keindahan daunnya. Bahkan karena lagi banyak permintaan, bagi petani tanaman hias menjadikan tanaman ini sebagai primadona baru.

Tanaman ini agar tumbuh optimal, memerlukan cahaya matahari yang cukup sehingga tunas mudanya dapat tetap berwarna merah menawan. Oleh karena itu, sebaiknya ditempatkan di areal terbuka. Sedangkan untuk penanaman di dalam pot , secara berkala mengubah posisi pot 2-3 mg sekali sehingga pertumbuhan tunas dapat merata, wal hasil warna pucuk daunnya pun merah merata.

Cara lain untuk menjaga bentuk dan keindahan pucuk merah, dilakukan dengan memetik daun (seperti memanen daun Teh), khususnya pada pucuk-pucuk daun yang warnanya sudah memudar dan dilakukan tepat pada ruas cabang. Sedangkan perawatan , berupa penyiraman dan pemupukan disesuaikan kebutuhan tanaman, dapat dilakukan bersamaan pemangkasan setiap 2-3 bulan sekali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar