Rabu, 07 Desember 2011

Menanam Kuping Gajah


Kuping Gajah Penghias Halaman
Posting by : Mas Kus

KUPING GAJAH atau Anthurium cristallianum merupakan tanaman hias yang relatif mudah ditanam. Tanaman hias daun yang termasuk dalam suku Araceae ini sering kita jumpai menghiasi halaman rumah, yang ditanam dalam pot cantik ataupun ditanam menggunakan kaleng bekas pun ‘bisa jadi’. Bentuk daunnya yang lebar dan besar selebar telinga gajah mungkin membuatnya dikenal dengan nama popular Kuping Gajah. Tetapi yang pasti daunnya lebar seperti daun keladi yang berbentuk jantung dan jenisnya cukup banyak.

Tanaman yang konon memang bukan Indonesia asli ini berasal dari Amerika Latin. Dapat tumbuh cukup baik di dataran rendah maupun tingggi, asalkan syarat hidupnya terpenuhi. Yaitu tanahnya subur berhumus, lembab dan teduh. Karena sinar matahari langsung tidak begitu disukai tanaman kuping gajah, sehingga diperlukan peneduh tanaman atau atap yang mampu menahan sinar matahari berlebihan.

Seperti menanam tanaman dalam pot , disiapkan media berupa campuran tanah yang subur, pupuk kandang atau kompos dan pasir dengan perbandingan 1 :2:1. Dasar pot perlu diberi lubang untuk melancarkan pengeluaran air sewaktu penyiraman. Kemudian agar air rembesan tidak mengotori lantai di bawah pot perlu diberikan alas.

Sedangkan untuk memperbanyak tanaman ini, biasanya dilakukan dengan memotong tunas anakan / rumpun dari tanaman induk. Perawatan yang lain berupa pemupukan dengan mengunakan pupuk anorganik (misal Dekastar Daun ) maupun pupuk organic. Penyiraman juga agar rutin dilakasanakan jangan sampai terlupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar